Powered By Blogger

Selasa, 26 Maret 2013

Mengenal Marching Band


Mengenal Marching Band

Sejarah Singkat Lahirnya Marching Band

Konon Marching Band lahir pada paska Perang Dunia ke II. Kegiatan Ini bermula dari prakarsa para Veteran PD II. Untuk mengenang Patriotisme mereka,bersama generasi muda yang ada dilingkungannya mereka membentuk korps musik dengan memainkan lagu lagu mars nostalgia perang Dunia ke II sambil berparade keliling Kota pada acara – acara Ceremonial maupun Celebration. Pada awalnya kegiatan ini diberi nama Military Band yang kemudian seiring perkembangannya berganti nama Marching Band hingga sekarang.

Berawal dari kegiatan inilah Marching Band kian berkembang dan menjadi kegiatan yang sangat positif yang melibatkan para pemuda dan tidak terbatas pada kegiatan PARADE saja, Marching sudah merupakan jenis entertain musical show yang kaya akan warna warni artistikal, baik musical maupun Visual. Oleh karenanya mereka tidak terbatas memainkan lagu – lagu mars tetapi juga lagu pop,Jaz, bahkan lagu – lagu klasik dan opera kini merupakan bagian dari program musical mereka. Dan hingga kini kegiatan Marching terus berkembang dalam sampai pada tingkat / lembaga pendidikan dasar mulai dari TK, SD sampai pada tingkat Instansi Pemerintahan dan Swasta.

Definisi Marching Band

Marching Band artinya “ Musik Bergerak “ atau “ Musik Berjalan “ . dengan demikian Marching Band adalah kegiatan seni Musik atau musical activity.

Keseluruhan kegiatan Marching Band dibagi dalam 2 bagian pokok yakni Musical dan Visual.
  1. Musical  
kelompok alat perkusi dan kelompok alat tiup. Kelompok ini merupakan kelompok  Melodi karena menghasilkan nada nada musik.
  1. Visual
Kelompok Colour Guard, kelompok ini memberikan nuansa gerak tari dan koreografi yang sangat lekat dengan musik yang dimainkan sehingga menjadi perpaduan yang dinamis.

Keduanya merupakan satu kegiatan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Bila kita lihat aktivitasnya dari dekat , tata cara yang dilakukan maupun seragam yang digunakan, Apa yang dapat kita lihat manfaat dari kegiatan Marching Band ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar